Selasa, 12 Oktober 2010

Lagu SBY dan CPNS

Kemendag Bantah Soal Lagu SBY di Tes CPNS
Bermuatan Politis 
Laurencius Simanjuntak - detikNews

 
Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) membenarkan adanya pertanyaan soal lagu SBY dalam tes penerimaan CPNS di institusinya. Namun demikian, munculnya pertanyaan tidak dimaksudkan dengan tendesi apa pun.

"Ini pengetahuan umum biasa. Tidak ada tendesi untuk mengkultuskan, apalagi politis," kata Kepala Pusat Humas Kemendag, Robert Bintaryo, saat berbincang dengan detikcom, Rabu (13/10/2010).

Robert menjelaskan, relevansi pertanyaan lagu SBY adalah untuk mengetahui apakah CPNS mempunyai pengetahuan yang luas atau tidak. Pengetahuan ini termasuk pengetahuan tentang musik.

"Perdagangan kan juga ada industri musiknya," argumennya.

Ditanya kenapa harus lagu SBY yang menjadi pertanyaan, Robert tidak mau berkomentar. "Nanti kalau dikasih (tokoh) yang lain, ditanya lagi kenapa dia?" elaknya.

Ditanya lagi apakah Kemendag menganggap SBY sedemikian fenomenal sehingga layak jadi pengetahuan umum, Robert juga enggan menjawab.

"Ini pilihan-pilihan. Mungkin mereka lebih tahu," kata Robert yang tentang panitia pembuat soal tersebut.

Sebelumnya, salah seorang peserta ujian mengungkapkan, dalam salah satu soal tes penerimaan terdapat pertanyaan: 'Mana lagu di bawah ini yang merupakan salah satu lagu dalam album ketiga Presiden SBY'

Tes CPNS Kemendag digelar di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (12/10/2010). Tes dimulai sekitar pukul 08.00 WIB.

"Itu pertanyaan di lembar soal berkode 11-01, di grup B. Pertanyaan itu ada pada soal bernomor antara 30-40," terang seorang peserta wanita yang enggan disebutkan namanya.

(lrn/nrl)

0 komentar:

Posting Komentar